Pada
kali ini saya akan membahas tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen mengenai
penerapan sistem informasi pada e-commerce dan aplikasi mobile. Dimana sistem
informasi digunakan sebagai solusi bisnis dan bertujuan untuk meningkatkan
pelayanan kepada para user serta untuk menekan biaya pada suatu organisasi
tertentu.
Disini
saya akan menjelaskan hasil analisa saya terhadap kedua e-commerce. Yaitu zalora
dan bukalapak.com.
1. Zalora
·
Sekilas tentang Zalora
Situs belanja
online ini merupakan salah satu cabang dari toko online terbesar di Eropa,
Zalando. Di lingkup Asia namanya Zalora yang memiliki adik perusahaan di
delapan negara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Taiwan,
Hongkong, Thailand, dan FIlipina. Zalora dengan keyakinan bahwa bisnis
e-commerce di tanah air akan berhasil. Karena akses ke daerah kecil masih
kurang, dengan adanya Zalora semua orang punya akses. Perkembangannya didukung
oleh kerja sama tim Zalora dalam memasarkan web-store mereka. Diawali dari
promosi secara online, seperti melalui Google, Facebook, Twitter, hingga kini
merambah ke media eleltronik.
·
Kelebihan Zalora
Menurut saya tampilan e-commerce zalora sangat baik
dan menarik, dimana pelanggan di
sediakan menu yang lengkap dan cukup jelas sehingga dapat membantu user
melakukan transaksi. Terdapat brand information
di setiap produk. Mudah dan
terdapat berbagai macam tawaran menarik. Barang dapat di kembalikan jika tidak
puas dengan barang yang sudah di pesan dan di beli dengan syarat &
ketentuan yang berlaku. Dapat di lihat melalui HP. Gratis ke
seluruh Indonesia. Tanpa minimum untuk Jabodetabek. Untuk Pulau Jawa, Bali,
Sumatera dan Kalimantan, akan dikenakan biaya pengiriman jika pembelian di
bawah Rp 200,000. Untuk Wilayah Indonesia Timur dan Nusa Tenggara, akan
dikenakan biaya pengiriman jika pembelian di bawah Rp 300,000.
·
Kekurangan Zalora
Menurut saya websitenya cukup berat, kurang
update, dan jika kita melakukan scrolling down pada
homepage Zalora, disitu kita akan menemukan banyak pilihan barang yang walaupun
sudah dikelompokan menjadi beberapa bagian tetap saja membutuhkan koneksi yang
lumayan kencang untuk mengload gambar thumbnail yang begitu banyak.
Lalu tata letak menu yang padat dan sedikit
membingungkan.
2 2. Bukalapak.com
·
Sekilas tentang
Bukalapak.com
Bukalapak
didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasis di Jakarta.
Namun, Bukalapak baru berstatus
sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola
oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief
Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO
(Chief Technology Officer).
·
Kelebihan Bukalapak.com
Menurut saya
kelebihan dari e-commerce ini yaitu kita dapat menjual barang apa saja karena
konsepnya layaknya pasar pada umumnya, sangat mudah dalam mencari barang,
jaminan uang aman 100%, pasti menerima barang. Biaya pembuatan akun gratis. Terdapat
fasilitas customer care.
·
Kekurangan Bukalapak.com
Menurut saya setelah saya melakukan
sedikit observasi yaitu mekanisme perlindungan konsumen apabila penjualnya memasukkan
status dikirim dan memasukkan resi palsu, padahal kenyataannya penjual tidak
mengirim barang sehingga transaksi menggantung entah sampai kapan. Serta
rating
penjual dan pembelinya masih buruk karena kurangnya rekomendasi dan detail
yang cukup baik mengenai kondisi barang dan informasinya
Kemudian saya
juga akan membahas tentang hasil analisa mengenai aplikasi transportasi mobile
sejenis gojek. Ada 2 aplikasi yang akan saya bandingkan yaitu Grabtaxi dan .
1 1. Grab Taxi
·
Kelebihan
Menurut saya kelebihan dari
Grab taxi adalah kecepatan
pesan order sampai taksi datang, driver langsung datang ke tempat kita
berada. Terdapat detail lengkap mengenai nama driver, foto, nomor hp dan plat
nomor taxi. Dan juga semua order akan terekam oleh sistem Grab Taxi. Jadi kita
akan bepergian dengan aman, karena terlacak oleh aplikasi, dan kita juga akan
menerima email detail orderan sebagai bukti tertulis. Murah serta terpercaya.
Tampilan yang mudah dimengerti.
·
Kekurangan
Menurut saya kekurangannya
yaitu detail lokasi penjemputan kurang jelas bagi si driver, terkadang ia tidak
teliti dalam membaca detail informasi yang ada, jadi terkadang lokasi
penjemputan tidak sesuai. Dan juga belum ada detail nama merk taxi yang akan
menjemput kita. Jadi kita hanya menebak-nebak.
2 2. Lady Jek
·
Kelebihan
Menurut saya dengan adanya
lady jek ini membuat nyaman dan aman bagi kalangan wanita. Terbukti jika suatu
ketika terdapat bahaya maka ada panic alarm yang berupa gantungan kunci yang
akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras yang akan menarik perhatian orang di
sekitar. Sehingga dapat memdapat bantuan dari orang sekitar. Serta kantor pusat
dapat mengetahui dimana lokasi driver berada dengan adanya dispatch team. Terdapat
pula asuransi kesehatan bagi driver dan user.
·
Kekurangan
Menurut saya kekurangannya
yaitu hanya kalangan wanita saja yang dapat mendapatkan pengalaman untuk
menaiki ini. Mungkin beberapa kalangan masyarakat masih merasa ragu dengan
kemampuan para driver apakah mumpuni atau tidak. Promosi masih kurang, jadi
masih banyak kalangan masyarakta yang belum mengetahuhi tentang aplikasi ini.
Untuk membuat sebuah sistem informasi yang baru dan menjadi solusi bisnis serta bermanfaat bagi semua orang maka sebelum membuat maka kita harus mengadakan observasi di lapangan ataupun melakukan wawancara terhadap elemen-elemen, yakni user, klien/organisasi, lokasi serta didukung dengan teknologi dan pengetahuan yang mumpuni. Sehingga tidak mengakibatkan sistem informasi yang gagal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar