Jumat, 23 Oktober 2015

Analisa Tentang Sistem Informasi Pada E-commerce dan Aplikasi Transportasi


Pada kali ini saya akan membahas tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen mengenai penerapan sistem informasi pada e-commerce dan aplikasi mobile. Dimana sistem informasi digunakan sebagai solusi bisnis dan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada para user serta untuk menekan biaya pada suatu organisasi tertentu.

Disini saya akan menjelaskan hasil analisa saya terhadap kedua e-commerce. Yaitu zalora dan bukalapak.com.
1.      Zalora
·         Sekilas tentang Zalora
Situs belanja online ini merupakan salah satu cabang dari toko online terbesar di Eropa, Zalando. Di lingkup Asia namanya Zalora yang memiliki adik perusahaan di delapan negara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Thailand, dan FIlipina. Zalora dengan keyakinan bahwa bisnis e-commerce di tanah air akan berhasil. Karena akses ke daerah kecil masih kurang, dengan adanya Zalora semua orang punya akses. Perkembangannya didukung oleh kerja sama tim Zalora dalam memasarkan web-store mereka. Diawali dari promosi secara online, seperti melalui Google, Facebook, Twitter, hingga kini merambah ke media eleltronik.
·         Kelebihan Zalora
Menurut saya tampilan e-commerce zalora sangat baik dan menarik, dimana pelanggan di sediakan menu yang lengkap dan cukup jelas sehingga dapat membantu user melakukan transaksi. Terdapat brand information di setiap produk. Mudah dan terdapat berbagai macam tawaran menarik. Barang dapat di kembalikan jika tidak puas dengan barang yang sudah di pesan dan di beli dengan syarat & ketentuan yang berlaku. Dapat di lihat melalui HP. Gratis ke seluruh Indonesia. Tanpa minimum untuk Jabodetabek. Untuk Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan, akan dikenakan biaya pengiriman jika pembelian di bawah Rp 200,000. Untuk Wilayah Indonesia Timur dan Nusa Tenggara, akan dikenakan biaya pengiriman jika pembelian di bawah Rp 300,000.

·         Kekurangan Zalora
Menurut saya websitenya cukup berat, kurang update, dan jika kita melakukan scrolling down pada homepage Zalora, disitu kita akan menemukan banyak pilihan barang yang walaupun sudah dikelompokan menjadi beberapa bagian tetap saja membutuhkan koneksi yang lumayan kencang untuk mengload gambar thumbnail yang begitu banyak. Lalu tata letak menu yang padat dan sedikit membingungkan.

2   2.    Bukalapak.com
·         Sekilas tentang Bukalapak.com
Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer).
·         Kelebihan Bukalapak.com
Menurut saya kelebihan dari e-commerce ini yaitu kita dapat menjual barang apa saja karena konsepnya layaknya pasar pada umumnya, sangat mudah dalam mencari barang, jaminan uang aman 100%, pasti menerima barang. Biaya pembuatan akun gratis. Terdapat fasilitas customer care.
·         Kekurangan Bukalapak.com
Menurut saya setelah saya melakukan sedikit observasi yaitu mekanisme perlindungan konsumen apabila penjualnya memasukkan status dikirim dan memasukkan resi palsu, padahal kenyataannya penjual tidak mengirim barang sehingga transaksi menggantung entah sampai kapan. Serta rating penjual dan pembelinya masih buruk karena kurangnya rekomendasi dan detail yang cukup baik mengenai kondisi barang dan informasinya

Kemudian saya juga akan membahas tentang hasil analisa mengenai aplikasi transportasi mobile sejenis gojek. Ada 2 aplikasi yang akan saya bandingkan yaitu Grabtaxi dan .
1    1.    Grab Taxi
·         Kelebihan
Menurut saya kelebihan dari Grab taxi adalah kecepatan pesan order sampai taksi datang, driver langsung datang ke tempat kita berada. Terdapat detail lengkap mengenai nama driver, foto, nomor hp dan plat nomor taxi. Dan juga semua order akan terekam oleh sistem Grab Taxi. Jadi kita akan bepergian dengan aman, karena terlacak oleh aplikasi, dan kita juga akan menerima email detail orderan sebagai bukti tertulis. Murah serta terpercaya. Tampilan yang mudah dimengerti.
·         Kekurangan
Menurut saya kekurangannya yaitu detail lokasi penjemputan kurang jelas bagi si driver, terkadang ia tidak teliti dalam membaca detail informasi yang ada, jadi terkadang lokasi penjemputan tidak sesuai. Dan juga belum ada detail nama merk taxi yang akan menjemput kita. Jadi kita hanya menebak-nebak.

2    2.    Lady Jek
·         Kelebihan
Menurut saya dengan adanya lady jek ini membuat nyaman dan aman bagi kalangan wanita. Terbukti jika suatu ketika terdapat bahaya maka ada panic alarm yang berupa gantungan kunci yang akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras yang akan menarik perhatian orang di sekitar. Sehingga dapat memdapat bantuan dari orang sekitar. Serta kantor pusat dapat mengetahui dimana lokasi driver berada dengan adanya dispatch team. Terdapat pula asuransi kesehatan bagi driver dan user.
·         Kekurangan
Menurut saya kekurangannya yaitu hanya kalangan wanita saja yang dapat mendapatkan pengalaman untuk menaiki ini. Mungkin beberapa kalangan masyarakat masih merasa ragu dengan kemampuan para driver apakah mumpuni atau tidak. Promosi masih kurang, jadi masih banyak kalangan masyarakta yang belum mengetahuhi tentang aplikasi ini.

Untuk membuat sebuah sistem informasi yang baru dan menjadi solusi bisnis serta bermanfaat bagi semua orang maka sebelum membuat maka kita harus mengadakan observasi di lapangan ataupun melakukan wawancara terhadap elemen-elemen, yakni user, klien/organisasi, lokasi serta didukung dengan teknologi dan pengetahuan yang mumpuni. Sehingga tidak mengakibatkan sistem informasi yang gagal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar