Anda semua pasti tahu bahwa menunggu adalah hal
yang sangat membosankan dan jarang sekali orang suka akan hal ini. Apalagi
harus menunggu lift. Seperti yang terjadi di lift-lift Gedung Kuliah Umum
Telkom University. Saat-saat jam kuliah yang hampir bersamaan maka terjadilah
penumpukan antrian di depan lift. Lift yang hanya dapat menampung 15 orang
dewasa dengan berat sekitar 1000kg seringkali dipaksa untuk ditampung lebih.
Jika dilakukan secara terus menerus maka lama kelamaan lift akan rusak. Jika
ini terjadi maka para mahasiswa dan civitas akademika akan rugi begitupun
dengan Telkom University.
Maka solusi efisien dan efektif dari permasalahan ini
yaitu dibuat sebuah sistem informasi yang dapat memberitahu kepada para
pengguna lift, lift mana saja yang sedang kosong ataupun hanya terdapat sedikit
orang yang menggunakannya. Sistem informasi ini berbasis aplikasi mobile. Serta
dibuat perosotan seperti pada permainan anak-anak sebagai sarana untuk turun.
Sedangkan lift digunakan hanya untuk naik saja. Jika lift penuh maka gunakan
tangga darurat. Jika dahulu saat antri estimasi waktu mencapai 30 menit bahkan
lebih, maka jika menggunakan solusi ini estimasi waktu yang digunakan hanya sekitar
1-2 menit per lantai jika dihitung dari waktu tunggu di depan lift untuk naik
dan turun baik memakai lift maupun perosotan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar